7 Bupati Resmi Dukung Badan Otorita Danau Toba

Written by root. Posted in Berita. Date : 26 May 2016

Badan otorita menjadi upaya pemerintah untuk mengelola Danau Toba menjadi destinasi wisata unggulan. Hal itu pun didukung oleh 7 bupati di sekitar Danau Toba.

Upaya pengelolaan Danau Toba yang masuk 10 destinasi pariwisata unggulan memang baru beberapa waktu ini didengungkan kembali. Tapi nyatanya, upaya tersebut sempat dilakukan di masa lalu dan tidak berhasil.

Alasannya adalah kesulitan pengelolaan yang dilakukan oleh tujuh bupati berbeda yang ada di Danau Toba. Dengan tujuh kepala, tentu tak mudah untuk mencapai kesepakatan bersama. Terlebih Danau Toba masuk ke dalam tujuh kabupaten yang masing-masingnya punya kepentingan.

Hal itu pun dibicarakan dalam acara Malam Budaya Menyongsong Otorita Danau Toba di Kantor BPPT, Jakarta. Rabu malam kemarin (25/5/2016). Acara dihadiri oleh Menko Maritim Rizal Ramli, Menhub Siti Nurbaya serta para bupati dan sejumlah stakeholder terkait.

Pembentukan Perpres tentang Badan Otorita Danau Toba pun menjadi hal yang mutlak dibutuhkan. Hal itu pun menjadi pekerjaan dari semua pihak di pemerintahan dan masyarakat tanpa terkecuali.

"Setelah 7 bulan berproses, hari ini saya laporkan kementerian dan lembaga yang terkait sudah menyiapkan Perpres Danau Toba yang akan menjadi landasan pengelolaan danau toba selanjutnya," terang Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenkomaritim, Ridwan Djamaluddin pada tamu undangan dan awak media.

Sejumlah bupati dari tujuh kabupaten di sekitar Danau Toba pun hadir dan menyatakan mendukung secara resmi Badan Otorita Danau Toba melalui penandatangan MoU. Tanpa persetujuan para bupati, tentu Badan Otorita Danau Toba mustahil terbentuk.

"Karena di sini adalah single management daripada Danau Toba ini, makanya jika bapak-bapak bupati ini tidak mau melimpahkan kewenangannya ke otorita maka kembali lagi nasib kita dulu. Hari ini para bapak bupati akan menyepakati pernyataan dan kesepakatan dimana beliau-beliau ini akan sepenuhnya mendukung perpres ini," ujar Penasehat Bidang Hukum Kemenkomaritim, Otto Hasibuan.

Tapi tidak hanya mendukung, para bupati juga akan terlibat langsung untuk mendukung Perpres demi kemakmuran masyarakat Toba. Hal itu didukung penuh oleh Menko Maritim Rizal Ramli beserta kementerian terkait yang akan membangun sejumlah infrastruktur penunjang wisata.

Rencananya, akan dilakukan perluasan akses seperti Bandara Silangit, pembuatan jalan tol langsung dari Medan ke Toba serta jalan inner dan outer ringroad hingga pembersihan Danau Toba. Semua upaya itu akan dilakukan bersama untuk menjadikan Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia.

"Tidak mudah karena cita-cita mengembangkan Danau Toba ini sudah ada 40 hingga 50 tahun yang lalu, kali ini kita buat impian jadi nyata. Kalau sampai barang ini nggak jadi, bunuh diri aja deh, makasih," tutup Rizal.


SUMBER :
http://travel.detik.com/read/2016/05/26/083500/3218031/1382/sah-7-bupati-resmi-dukung-badan-otorita-danau-toba

Copyright © BKPPD Kabupaten Dairi - 2019
Alamat : Jl. Ki Hajar Dewantara No. 1 Sidikalang, Sumatera Utara, Indonesia
Google Maps : 2.744225, 98.313880
Telp : (+62627) 23787 | Fax : (+62627) 23787
Email : bkppd@dairikab.go.id
Hosted and Designed by : www.medanhosting.co.id