Visi & Misi


== V I S I ==

"PELAYANAN PRIMA TERHADAP PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH"

 

* Pelayanan Prima

Pelayanan prima merupakan terjemahan dari istilah "Excellent Service" yang secara harfiah berarti pelayanan yang sangat baik dan atau pelayanan yang terbaik.Disebut sangat baik atau terbaik, karena sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku atau dimiliki oleh BKPPD Kabupaten Dairi yang memberikan pelayanan.

* Pegawai Negeri Sipil Daerah

Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah Warga Negara Indonesia yang merupakan unsur Aparatur Sipil Negara, abdi negara dan abdi masyarakat, serta dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah, setia mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi maupun golongan. Pegawai Negeri Sipil Daerah yang berkualitas adalah aparatur yang ditandai dengan adanya perubahan pola pikir dan pola pandang serta kemampuan dan keahlian dalam menghadapi pekerjaan ke arah yang lebih baik.

 


== M I S I ==

1. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah Daerah;

2. Peningkatan manajemen Kepegawaian yang baik;

3. Peningkatan pelayanan Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Daerah Kabupaten Dairi terhadap Pegawai Negeri Sipil Daerah.

 

Tujuan

Tujuan adalah pernyataan-pernyataan tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai Visi, melaksanakan Misi dan menangani isu strategis yang dihadapi.

Tujuan yang dirumuskan dalam melaksanakan misi adalah :

  • Misi 1: Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah Daerah.

  • Tujuan : Peningkatan kualitas aparatur yang profesional dan sejahtera

  • Misi 2: Peningkatan Manajemen Kepegawaian yang baik.

  • Tujuan : Peningkatan kualitas manajemen kepegawaian

  • Misi 3: Peningkatan Pelayanan BKPPD terhadap PNS Daerah.

  • Tujuan : Peningkatan pelayanan kepegawaian


Sasaran

Sasaran merupakan sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan yang menjadi tujuan secara nyata oleh instansi Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Daerah Kabupaten Dairi dalam jangka waktu tahunan, semester, triwulan maupun bulanan.

Sasaran untuk mencapai Visi dan Misi Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Daerah Kabupaten Dairi adalah sebagai berikut :

 

Misi 1: Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah Daerah.

Tujuan 1: Peningkatan kualitas aparatur yang profesional dan sejahtera

Sasarannya :

1. Peningkatan disiplin dan etos kerja aparatur;

2. Terpenuhinya aparatur yang berkualitas;

3. Terpenuhinya kompetensi PNS Daerah.

 

Misi 2: Peningkatan Manajemen Kepegawaian yang baik.

Tujuan : Peningkatan kualitas manajemen kepegawaian

Sasarannya :

1. Tersedianya database kepegawaian;

2. Kesesuaian jabatan dengan kompetensi PNS;

3. Terpenuhinya dokumen Renstra, LKPJ, LPPD ,Renja dan LAKIP BKPPD Kab. Dairi.

 

Misi 3: Peningkatan Pelayanan BKPPD terhadap PNS Daerah.

Tujuan : Peningkatan pelayanan kepegawaian

Sasarannya:

1. Terlaksananya pelayanan yang cepat dan tepat secara proaktif;

2. Terlaksananya kenaikan pangkat tepat waktu;

3. Penerbitan SK Pensiun tepat waktu.


Strategi

Strategi adalah cara untuk mewujudkan tujuan, dirancang secara konseptual, analitis, realistis, rasional dan komprehensip.

Untuk mencapai misi sebagaimana tersebut di atas, maka berbagai strategi ditetapkan.


Misi 1: Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah Daerah.

Misi ini akan diimplementasikan melalui strategi sebagai berikut :

1. Peningkatan disiplin dan etos kerja aparatur;

2. Peningkatan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daerah;

3. Pengembangan kualitas sarana dan prasarana Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daerah.


Misi 2: Peningkatan Manajemen Kepegawaian yang baik.

Misi ini akan diimplementasikan melalui strategi sebagai berikut :

1. Peningkatan pemanfaatan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK);

2. Peningkatan pengendalian dan evaluasi database kepegawaian;


Misi 3: Peningkatan Pelayanan BKPPD terhadap PNS Daerah.

Misi ini akan diimplementasikan melalui strategi sebagai berikut :

1. Peningkatan kualitas pelayanan terhadap PNS;

2. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana pelayanan.

3. Peningkatan kualitas Lembaga Pendidikan dan Pelatihan terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daerah.


Kebijakan

Kebijakan adalah merupakan pedoman pelaksanaan tindakan-tindakan tertentu. Kebijakan Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Daerah Kabupaten Dairi dalam mencapai Visi dan Misi dilakukan secara berkelanjutan membina dan mengembangkan sumber daya Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daerah melalui etos kerja dan penegakan disiplin kerja yang didukung oleh peran seluruh pihak-pihak pemangku kepentingan secara aktif.

Kebijakan strategis pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Daerah Kabupaten Dairi ;

Misi 1: Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah Daerah.

Pada misi pertama ini, kebijakan strategis yang ditetapkan adalah :

1. Penegakan Disiplin Aparatur;

2. Memberikan kesempatan kepada PNS untuk Diklat;

3. Kesempatan untuk peningkatan pendidikan;

4. Peningkatan kesejahteraan PNS Daerah;

5. Penerimaan Calon PNS Daerah;

6. Pengangkatan CPNS menjadi PNS;

7. Penilaian Kinerja PNS jabatan fungsional.


Misi 2: Peningkatan Manajemen Kepegawaian yang baik.

Pada misi kedua ini, kebijakan strategis yang ditetapkan adalah :

1. Peningkatan pengelolaan SAPK;

2. Penempatan PNS dalam Jabatan;

3. Ketersediaan Dokumen.


Misi 3: Peningkatan Pelayanan BKPPD terhadap PNS Daerah.

Pada misi ketiga ini, kebijakan strategis yang ditetapkan adalah :
Memberikan pelayanan yang baik kepada PNS Daerah.



Copyright © BKPPD Kabupaten Dairi - 2019
Alamat : Jl. Ki Hajar Dewantara No. 1 Sidikalang, Sumatera Utara, Indonesia
Google Maps : -7.323601,110.505445
Telp : (+62627) 23787 | Fax : (+62627) 23787
Email : bkppd@dairikab.go.id
Hosted and Designed by : www.medanhosting.co.id